Pray for Donggala

Resep Infused Water Sederhana, Agar Air Putih Jadi Menggoda Selera

Resep Infused Water Sederhana, Agar Air Putih Jadi  Menggoda Selera

Yang namanya manusia itu mutlak butuh minum air kan mom.  Lebih dari 50% badan kita aja terdiri dari cairan, kalau kurang asupan cairannya bisa-bisa badan jadi  ‘macet’. ‘Macet’nya kreasi Tuhan yaitu tubuh kita ini akibatnya bahaya. Jadi pastikan mommy gak pernah kurang minum.

Nah, kalau mommy termasuk golongan yang gak doyan sama air putih, infused water adalah solusi yang harus kamu coba! Infused water itu air yang ‘disisipi’ sama rasa lain. Tapi, pilihan dan sumber rasanya bebas dari bahan kimia buatan yang bisa berefek negatif pada tubuh. Alih-alih ditambahi serbuk, infused water menggunakan bahan seperti buah-buahan, sayuran, dan tanaman herbal. Untuk membuatnya, mommy tinggal merendam bahan-bahan itu dalam air putih.

Nah, resep-resep infused water apa saja sih yang bisa mommy coba? Untuk permulaannya, coba deh resep di bawah ini!

1. Resep paling klasik dan mudah ditemukan adalah infused water dengan campuran buah sitrus

Resep ini bisa jadi racikan infused water yang pertama kali dibuat kali ya. Menambahkan potongan lemon ke dalam air minum dari dulu emang udah terkenal bakal buat rasa air tambah segar. Kandungan vitamin C-nya juga ampuh meningkatkan daya tahan tubuh. Buah-buah sitrus ini juga cocok banget untuk infused water karena konsentrasi rasanya bisa keluar dengan baik alias ‘kerasa’.

Nah tapi yang seringkali jadi masalah dan buat infused water ini gagal adalah kulit lemon, jeruk nipis, atau jeruk lain yang menimbulkan rasa pahit kalau direndam lama-lama. Padahal semakin lama direndam, rasanya akan semakin yahud. Jadi gimana dong? Ya buang aja kulit-kulitnya terlebih dulu.

Sebenarnya sih gak ada resep yang pakem untuk rasio antara air dan buahnya, tergantung selera aja. Kalau mommy suka rasa kecut-kecut sitrus boleh masukin banyak-banyak. Kalau mau yang sedang-sedang saja, sekedarnya saja masukin buah-buahnya. Tapi kalau mau ngikuti yang udah ahli buat infused water ini nih resepnya.

Untuk 1 liter air, mommy cukup menyiapkan 1 buah lemon dan 1 buah jeruk nipis. Cukup masukkan 2 potongan lemon dan 2 potongan jeruk nipis yang udah dikuliti. Lalu peras sari dari buah yang tersisa untuk menguatkan rasa. Rendam dan simpan di kulkas selama 24 jam untuk hasil optimal atau minimal 3 jam biar sekedar kerasa. Minuman ini bisa mommy terus minum selama 2 hari jika disimpan di kulkas.

Nah kalau tampilannya kurang menarik karena buahnya sudah dikuliti, mommy bisa saring lagi infused watermya dan tambahkan potongan baru lemon dan jeruk nipis yang gak dikuliti biar cantik.

2.Rasa  alami yang bisa membuat mommy lupa sama minuman soda: infused water dengan daun mint

Disamping buah sitrus, daun mint  juga merupakan salah satu rasa yang selalu bisa diandalkan dalam ilmu meracik infused water.

Artinya dipadu-padankan dengan buah atau sayuran apapun, rasa mint ini cuma bakal membuat rasa infused watermu tambah enak. Daun mint juga kaya dengan kandungan antioksidan yang bagus untuk pencernaan dan tentunya bisa buat nafasmu gak bau.

Lagi-lagi, gak ada aturan pakem untuk mencampur daun mint dan air. Yang perlu diingat adalah untuk merobek atau meremat daun mintnya terlebih dahulu sebelum mencampurnya dengan air. Langkah ini bertujuan untuk melepaskan minyak alami dari daun mint-nya. Lalu simpan dan didinginkan dalam kulkas semalaman. Kalau udah mau diminum, lebih baik air disaring dulu dan tambah es untuk efek yang lebih semriwing.

 

3. Rasa segar yang baik untuk otot dan kulit: infused water dengan timun

Nah ini nih satu lagi bahan yang juga bisa jadi pilihan utama dalam racikan infused water, timun. Kenapa timun adalah pilihan ciamik untuk infused water? Selain rasanya yang segar, kulitnya tidak akan membuat infused water pahit seperti lemon atau jeruk. Jadi membuat infused water dengan timun jauh lebih gak repot. Pastikan saja mommy tidak lupa mencuci timun atau buah-buah lain dengan baik supaya tidak ada sisa pestisida dalam minuman mommy. Kan mau buat minuman sehat, masa dimasukin racun?!

Disamping gak repot, timun juga punya banyak manfaat bagi kesehatan. Kandungan silika dalam timun ternyata baik untuk menjaga kesehatan otot dan kulitmu. Potongan timun yang sudah direndam berjam-jam dalam air dingin pun bisa digunakan sebagai masker untuk mengurangi peradangan jerawat. Airnya selain jadi minuman segar, juga bagus untuk cuci muka. Wah multifungsi banget ya sayuran satu ini.

Untuk rasa terbaik, mommy perlu membiarkan infused water selama 12 jam. Infused water ini juga gak perlu repot-repot kamu saring lho, tinggal minum aja.

 
Read 54 times

Last modified on Tuesday, 02/10/2018

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

STREAMING & PODCAST

MOMANDKIDS RADIO

Listen to MOMANDKIDS RADIO | SoundCloud is an audio platform that lets you listen to what you love and share the sounds you create.. 11 Tracks. 5 Followers. Stream Tracks and Playlists from MOMANDKIDS RADIO on your desktop or mobile device.

MOM AND KIDS RADIO BANDUNG PROFILE

99,2 FM MOM AND KIDS RADIO PROFILE

Go to top
Template by JoomlaShine