418357
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
428
549
3793
174217
10372
20385
418357

Your IP: 54.156.85.167
2018-08-18 18:34

Selain Madu, 4 Makanan Ini Dilarang Diberikan pada Bayi 0-1 Tahun

iStockphoto/AntonioGuillem

Anisyah Kusumawati

Nakita.id - Dalam memberi asupan makanan, khususnya pada bayi, tidak bisa sembarangan karena banyak yang harus diperhatikan. Pencernaannya yang masih belum sempurna bisa membuat berbagai masalah bila diberikan makanan yang tidak tepat. Dalam pemberian MPASI misalnya, Salah satu yang tak boleh diberikan adalah madu.

Madu rentan akan Bakteri Clostridium botulinum yang bisa menyebabkan botulisme, kelumpuhan otot dan sejumlah penyakit serius lainnya. Kecuali pada orang dewasa, kekebalan tubuhnya sudah kuat sehingga aman untuk mengonsumsinya.

Sementara pada bayi berumur 0-1 tahun sangat tidak disarankan, karena sistem kekebalan tubuhnya yang masih lemah. Selain madu, ada juga 4 makanan lain yang dilarang untuk diberikan pada bayi.

Makanan tersebut antara lain:

  1. Gandum

Gandum tidak direkomendasikan untuk diberikan pada bayi karena kandungan glutennya. Gluten yang merupakan jenis protein dalam gandum yang sulit dicerna oleh sisitim pencernaan bai 0-1 tahun.

Ada juga bayi yang bisa terkena alergi gandum, sehingga para ahli lebih menyarankan untuk memberikan gandum saat anak di atas 1 tahun.

  1. Cokelat

Cokleat pun termasuk salah satu makanan yang tidak direkomendasikan untuk diberikan pada bayi. Hal ini karena cokelat juga memiliki kandungan kafein yang dinilai tidak aman bayi bayi. Bahkan setelah satu tahun, sebaiknya cokelat hanya diberikan beberapa kali saja.

  1. Jus buah kemasan

Setiap jus buah yang dikemas tentunya memiliki banyak pengawet kimia. Hal inilah yang membuat minuman satu ini tidak direkomendasikan bagi bayi. Konsumsi ini pada bayi pun ternyata bisa berdampak buruk pada sistem pencernaannya.

  1. Selai kacang

Beberapa anak bisa mengalami alergi kacang. Oleh karena itu Moms sebaiknya memang berhati-hati dalam memberikannya, khususnya pada bayi. Para ahli pun akhirnya menyarankan untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu dan memberikan selai kacang setelah satu tahun pertama kehidupannya.

Yuk Moms lebih selektif lagi dalam memberi asupan pada Si Kecil.

Sumber : Nakita.grid.id

Go to top