418356
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
427
549
3792
174217
10371
20385
418356

Your IP: 54.156.85.167
2018-08-18 18:34

Tanda Si Kecil Mulai Kecanduan Game

Hasil gambar untuk kid playing video games

Anak Bermain Game/copyright unsplash.com/@halgatewood>
 

Gaming disorder ini termasuk gangguan kesehatan mental pada anak yang mulai banyak terjadi selama beberapa tahun terakhir. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada tiga kriteria utama dalam mendiagnosis gangguan mental ini.

1. Bermain Game Menjadi Aktivitas Utama

Saat anak lebih memilih bermain game alih-alih melakukan aktivitas lainnya, ada baiknya mommy berhati-hati. Bisa jadi si kecil mengalami kecanduan game. Ia lebih munyukai bermain game daripada kegiatan lainnya.

2. Tidak Dapat Berhenti Bermain

Si kecil lebih banyak menghabiskan waktu bermain game, dan si kecil akan marah saat permainan gamenya diminta untuk berhenti.

3. Adanya Gangguan Hubungan  dAnakengan Lingkungan

Saat kegiatan bermain game telah mengganggu hubungan anak dengan lingkungan sekitarnya itu berarti, anak telah kecanduan bermain game. Jika dibiarkan hal ini dapat berbahaya bagi perkembangannya.

Jika anak terus bermain dalam beberapa hari dan kembali normal, ia tidak termasuk dalam kriteria tersebut. Namun, jika ia tak bisa lepas dari video game, selama berjam-jam setiap hari selama 12 bulan terakhir, berhati-hatilah dan berkonsultasilah ke psikolog.

Namun mom tidak perlu khawatir, game disorder ini dapat dicegah yaitu kuncinya adalah mom harus disiplin. Lakukan aturan dalam hal durasi bermain dengan gadget, seperti televisi, komputer, telepon genggam, atau tablet. Dan yang terpenting jangan biasakan memberikan tablet sebagai alasan agar anak lebih tenang.

Semoga informasi ini bermanfaat ua mom. Semoga sukses.

 

Sumber : vemale.com

Go to top